Senin, 31/08/20
 
Cegah Kejahatan Cyber Satgas Gakkum OMB LK 2023-2024 Polda Riau Intensifkan Patroli Siber Masa Tahap Kampanye Pemilu 2024.

Derry | Riau
Kamis, 01/02/2024 - 17:04:19 WIB

TERKAIT:
   
 
PEKANBARU. Riaueksis. Com- Guna mencegah maraknya kejahatan siber di Masa tahap kampanye Pemilu 2024 Satuan Tugas (Satgas) Gakkum Subsatgas Cyber Operasi Mantap Brata (OMB) Lancang Kuning Polda Riau mengintensifkan patroli siber 

"Langkah ini dilakukan untuk mencegah dan menindak segala bentuk kejahatan siber yang berpotensi mengganggu jalannya pelaksanaan Pemilu 2024," kata Kasatgas Gakkum OMB LK 2023-2024 Polda Riau Kombes Pol. ASEP DARMAWAN SH,SIk Dir Reskrimum Polda Riau di Pekanbaru Kamis, (1/2/2024).

Kombes Asep mengatakan, patroli siber ini melibatkan personel yang ahli di bidang siber melaksanakan pendataan/ mengumpulkan data informasi dari akun-akun sosial media guna mencegah kejahatan Siber, yang marak terjadi pada musim kampanye saat ini.

Team Satgas Gakkum Subsatgas siber dipimpin Kasubsatgas Cyber Kompol Fajri, S.H., S.I.K., M.H dengan kekuatan 9 personil Kamis, (1/2/2024) melakukan pemantauan dan patroli di media sosial dan media online serta media arus utama guna melihat isu dan pemberitaan yang berkembang terkait Pemilu 2024, selanjutnya
Melakukan analisis terhadap data/script/sistem IT terkait pengamanan dan pelaksanaan Pemilu, Monitoring Kejahatan siber (Computer Related Crime) yang mengganggu pelaksanaan Pemilu.

Dalam pelaksanaan tugasnya team bersinergi dengan Stake holder lain BIN, BSSN, Menkominfo, APJI dan lain-lain. terhadap isu-isu yang berkembang terkait Pemilu 2024 di media sosial dan media arus utama.

Patroli siber merupakan salah satu upaya Polri dalam mewujudkan Pemilu 2024 yang aman, damai, dan berintegritas.Patroli siber, dilakukan untuk mendeteksi dan mencegah penyebaran informasi hoaks, ujaran kebencian, dan propaganda yang dapat memecah belah bangsa.

Ia menekankan bahwa Polri akan menindak tegas setiap pelaku kejahatan siber yang mengganggu pelaksanaan Pemilu 2024.

Oleh karena itu, Kami berharap kepada masyarakat jangan mudah percaya, memposting dan menyebarkan informasi-informasi yang belum tentu kebenarannya (hoax), karena sangat berbahaya dan bisa membuat resah masyarakat hingga menggangu situasi Kamtibmas.
Mari kita bijak dalam bermedia sosial dan bersama kita cintakan Kamtibmas yang kondusif, serta bersama kita ciptakan Pemilu 2024 yang aman dan damai, pungkas  Kombes Asep mengakhiri.**





Berita Lainnya :
 
  • PHR Berhasil Tambah Produksi Minyak dari Lapangan Tua Blok Rokan
  • Wiwik Widaningsih dan Pengurus PWI Siak Periode 2023-2026 Resmi Dilantik
  • Yayasan Kemala Bhayangkari Polda Riau Gelar Syukuran HUT ke-44 dan Dukung Program Generasi Emas 2045
  • PWI Riau Terima Surat Dukungan Resmi untuk HPN 2025 Oleh Pemprov Riau
  • Antusias Siswa SMA Pekanbaru Mengenal Asal Usul Migas Lewat PHR Journey Room
  • Buka Perlombaan PP-PAUD se-Provinsi Riau, Berikut Pesan Adrias Hariyanto
  • Munas BEM SI Ke-XVII, Kapolda Riau : Momentum Calon Pemimpin Masa Depan Berdiskusi untuk Bangsa dan Negara
  • Sepakat Lahirkan Kembali BUMD, Pansus BLJ Optimis Terbitkan Perda Baru
  • Sesuai Mekanisme yang Berlaku, Rekomendasi DPRD diterima oleh Pemkab Bengkalis
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved