Senin, 25/11/2019
 
Rohul
Banjir Rendam Ibu Kota Kabupaten Rokan Hulu

Irwanto | Riau
Selasa, 26/11/2019 - 21:16:56 WIB
Rokan Hulu - (Riaueksis.com) Ibu Kota Kabupaten Rokan Hulu Pasir Pengaraian, Provinsi Riau, dikepung banjir. Banjir terjadi di sejumlah desa dan telah merendam ratusan rumah warga. Selasa (26-11-19)

Hingga pukul 18.00 WIB sore ketinggian air banjir di ibu kota Rohul terus meningkatan. Peningkatan ketinggian dipengaruhi air banjir kiriman.

Sekjen DPK KNPI Rambah Afrizal Rambah meminta pemerintah tanggap untuk menangani banjir yang setiap tahun nya terjadi.

"kita meminta pemerintah mengambil langkah strategis agar banjir yang terjadi setiap tahun ini dapat teratasi dengan baik dan tidak menimbulkan adanya korban Jiwa". Jelas Afrizal

Sementra Kepala Pelaksana BPBD Rohul Zulkifli Said, mengatakan, banjir yang mengepung ibukota ini disebabkan meluapnya Sungai Batang Lubuh akibat tingginya intensitas hujan sehingga menyebabkan sejumlah sungai besar seperti Sungai Batang Lubuh, Sungai Rokan Kiri dan Sungai Sosah meluap.

"Saat ini ketinggian air banjir di ibu kota Rohul terus meningkat, ini juga dipicu air banjir kiriman" Ucap Zulkifli

Ditambahkan Zulkifli, di Rohul saat ini ada 4 kecamatan yang dilanda banjir yaitu Dusun Pelanduk, Kelurahan Kota Lama, Kecamatan Kunto Darussalam, Desa Kasang Padang, Kecamatan Bonai Darusalam, Desa Tangun, Kecamatan Bangun Purba.

Kemudian, Kecamatan Rambah, ibu kota Rohul, menjadi daerah terparah yang terkena banjir dimana banjir telah merendam ratusan rumah di daerah Dusun Tanjung Harapan Kelurahan Pasirpengaraian, Dusun Lubah Hilir Desa Kota Tinggi, Dusun Pawan Desa Rambah Tengah Hulu, Dusun Tulang Gajah Desa Pematang Berangan, Dusun Nogori Desa Babusalam.

Zulkifli mengatakan, BPBD Rohul juga sudah mendirikan tenda pengungsian masing-masing di Kantor PMI, Shelter Kelurahan Pasirpengaraian, posko banjir di Ulak Patian dan kantor camat Bonai Darusalam.

"Kita imbau kepada masyarakat untuk siaga kalau air sudah naik jangan menunggu, segera mengungsi," tegasnya.

Banjir yang mengepung pusat kota juga memutus akses lalulintas di jalan Tuanku Tambusai yang menjadi jalan utama di ibu kota Rohul Pasirpengaraian. Banjir yang merendam akses jalan Tuanku Tambusai terus menunjukkan peningkatan, hingga setinggi 1 meter dengan panjang 1 KM.

Sementra Satlantas Polres Rohul juga terpaksa mengalihkan arus lalulintas ke Dalu-Dalu atau sebaliknya ke jalan lingkar luar Pasirpengaraian.

BPBD Rohul dan Dinas Sosial mengerahkan 2 unit perahu Politeline untuk menyeberangkan warga dan pejalan kaki. Selain itu BPBD dan Dinas Sosial juga sibuk melakukan evakuasi warga di daerah lain yang terkena banjir.

"Saat ini kami sangat kekurangan perahu untuk evakuasi warga, mengingat lokasi banjir saat ini tersebar di beberapa titik" pungkasnya.*(Rls) 


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Meriah...Hari Juang TNI AD, Koramil 12/Pwk Sabak Auh Adakan Lomba Mewarnai Untuk Anak TK
  • Meriahkan Hari Juang TNI AD ke 74, Koramil 06/SA Adakan Hiburan Rakyat
  • Antisipasi Karlahut di Wilayahnya, Koramil 02/TT Lakukan Pengecekan Ketersediaan Sumber Air
  • Innalillahi, Mantan Kadispar Riau Fahmizal Dikabarkan Wafat di Bandung
  • Upaya Cegah karlahut Di Wilayahnya, Ini Arahan dan Intruksi Danramil 07/Bukit Batu
  • Laksanakan Kegiatan Teritorial, Ini Arahan dan Itruksi Danramil 02/TT Kepada Para Babinsa
  • Danramil 08/Merbau Peltu Lakatang Intruksi Babinsa Maksimalkan Upaya Cegah Karlahut
  • Koramil 04/Mandau Ikut Goro Bersama Bersih Rumah Adat Suku Sakai
  • Jajaran Koramil 11/Pwk Kandis Maksimalkan Kinerja Di Wilayahnya
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved