Selasa, 25/06/2019
 
Kunjungi Yayasan Panti Sosial Tresna Werdha Khusnul Khotimah, Sahabat Pondok Ijo 2 dan PWI Riau Peduli Bagikan 100 Paket Makan Siang

ditma | Riau
Sabtu, 26/10/2019 - 17:00:42 WIB

PEKANBARU, Riaueksis.com - Sahabat Pondok Ijo2 bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau Peduli mengunjungi Yayasan Panti Sosial Tresna Werdha Khusnul Khotimah, Jalan KH Nasution Pekanbaru, Jumat (25/10/2019).

Setibanya di Yayasan Panti Sosial Tresna Werdha Khusnul Khotimah, Sahabat Pondok Ijo2 disambut Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan UPTD Dinas Sosial Provinsi Riau Hermida.

Dalam kunjungan ini, Sahabat Pondok Ijo2 bersama PWI peduli menyerahkan 100 paket makan siang untuk penghuni panti.

"DI Panti Sosial Tresna Werdha Provinsi Riau ini, saya berkeliling dari kamar ke kamar penghuni untuk membagikan 100 paket makan siang yang merupakan  sedekah dari Sahabat Pondok Ijo2 dan PWI Peduli," ujar Owner Pondok Ijo2 Martalena usai acara kunjungan.

Diungkapkan Martalena, banyak cerita sedih yang didengar di panti ini. Contohnya, ada lansia yang bertahun-tahun sama sekali tidak pernah dikunjungi keluarganya.

"Maka dari itu, saya mengajak teman-teman yang punya waktu, mari kita kunjungi mereka. Kita berbagi sedikit perhatian dan kasih sayang untuk para lansia yang malang ini, agar para lansia ini merasa masih ada yang menyayangi mereka di dunia ini," ajak Martalena.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan UPTD Dinas Sosial Provinsi Riau Hermida menjelaskan, total penghuni Panti Werdha ada 75 orang laki- laki dan perempuan. Usia lansia 63 tahun jumlahnya 50 ada orang.

"Total penghuni ada 75 orang. Mereka ada yang dari Pekanbaru, Dumai, Inhil dan Kampar," ucap Hermida.

Menurur Hermida, latar belakang dari lansia penghuni panti ini adalah dari kalangan keluarga yang tidak mampu, atau tidak mempunyai keluarga yang bisa mengurus mereka. Sehingga lansia ini terlantar dan mengemis di jalanan.

"Kebanyakan lansia ini diantarkan keluarganya, karena mereka tidak mampu mengurus orangtuanya disebabkan alasan ekonomi. Ada juga yang kami pungut dijalankan seperti Pak Syamsudin yang kami pungut di dekat Pasar Cik Puan Pekanbaru," beber Hermida.

Dari 75 penghuni panti ini, ungkap Hermida lagi, ada kurang lebih 50 orang lansia yang tidak pernah dikunjungi oleh keluarganya sama sekali. Tetapi bagi yang masih mendapatkan perhatian dari keluarganya, biasanya mereka pulang ke rumah keluarganya di waktu hari raya Idul Fitri.

"Untuk itu, kami mengajak berkeliling ke rumah-rumah dan kamar kamar lansia yang sedang sakit sambil membagi-bagi paket makan siang dari Pondok Ijo2 dan PWI Peduli," katanya seraya menyampaikan, di panti ini ada 30 petugas yang  berkerja untuk mengurus semua kebutuhan lansia, mulai dari menyiapkan makanan, mencuci pakaian bersih bersih kamar lansia sampai memandikan dan menyuapi lansia yang sudah tidak bisa lagi makan  sendiri karena sakit dan sudah sangat tua.

"Ada 30 petugas disini. Ada yang PNS dan ada juga yang Tenaga Harian Lepas.
Ada yang dimandikan dan ada juga yang tidak bisa makan sendiri. Hadi harus disuapi oleh petugas," tutur Hermida.

Ditempat terpisah, Ketua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang mengapresiasi kegiatan Jumat Barokah Sahabat Pondok Ijo2. 

"Kita dari PWI mengucapkan terima kasih kepada Sahabat Pondok Ijo2 telah melibatkan PWI Peduli dalam setiap kegiatan Jumat Barokah ini. Semoga kegiatan dapat terus berlanjut," ujar Zulmansyah. (*)


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Babinsa bersama Babinkamtibmas dan MPA Lakukan Patroli Karlahut
  • Antisipasi Karlahut, Danramil 05/Rupat Bersama Masyarakat Buat Akses Jalan dan Bersih Saluran Air
  • Perdana digelar, 10 Paroki di Riau Ikut Bertanding di Ajang Pesparani I
  • Larang Warga Bakar Lahan Upaya Sertu Saragih Cegah Karlahut
  • Pemkab Rohil Optimis Capai Kabupaten Layak Anak
  • Pemkab Rohil Prioritaskan Sektor Pariwisata
  • Laksanakan Komsos bersama Warga, Koptu Syahril Larang Buka Lahan Dengan Membakar
  • Dua Babinsa Koramil 04/Mandau Latih PBB Kepada Pengurus OSIS SMAS Mutiara Kel. Balai Raja
  • KPU Kab. Bengkalis Laksanakan Sosialisasi Kesiapan KPUD Menyongsong Pemilukada Tahun 2020
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved