Senin, 25/11/2019
 
Rohul
Puluhan Ribu Wisatawan Dari Dalam Dan Luar Daerah Kunjungi Objek Wisata Rokan Hulu

Manda Rokan | Riau
Jumat, 14/06/2019 - 17:38:03 WIB
Rokan Hulu - (Riaueksis.com) Objek wisata di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) ramai dikunjungi wisatawan dari dalam dan luar daerah selama musim liburan hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah tahun 2019 Masehi.

Berdasarkan catatan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Rokan Hulu, sekira 67.661 wisatawan mampir di tri top destinasi wisata Rokan Hulu‎ selama lima hari liburan hari raya Idul Fitri tahun ini, mulai 5 Juni sampai 9 Juni 2019.

Tiga destinasi wisata andalan, destinasi wisata yang ditetapkan oleh Disparbud Rokan Hulu ramai dikunjungi wisatawan selama musim liburan hari raya Idul Fitri, yakni Masjid Agung Islamic Center Pasirpangaraian dan Bendungan Sipogas di Kecamatan Rambah, serta Suligi Hill Aliantan Kecamatan Kabun, (12-6-19).

Kepala Disparbud Kabupaten Rokan Hulu, Drs. Yusmar M.Si, mengungkapkan dari total kunjungan terdaftar sekira 109.005 pengunjung, wisatawan yang mengunjungi Masjid Agung Islamic Center dan Menara 99 Meter ada sekira 49.156 pengunjung, atau‎ hampir sama dengan jumlah pengunjung selama satu bulan di Juni 2018 yang berjumlah 106.005 pengunjung.

Yusmar mengaku sekira 70 wisatawan yang datang ke Rokan Hulu di musim liburan Lebaran tahun ini masih didominasi dari luar daerah, merupakan wisatawan nusantara.

 "Dan paling banyak berasal dari Sumatera Utara dan Sumatera Barat, serta kabupaten/ kota di Provinsi Riau, ditambah dari luar pulau Sumatera seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya," ungkap Yusmar

Keramaian di destinasi wisata Islamic Center ditandai membludaknya wisatawan, baik di serambi dan halaman Masjid Agung yang dihiasi pohon kurma dan burung merpati.

Yusmar mengakui karena padatnya pengunjung, sampai-sampai petugas gabungan kewalahan mengatur kendaraan dan sampah di kawasan destinasi wisata Masjid Agung Islamic Center Pasirpangaraian.

Sebagai jalan keluarnya, kata Yusmar, Ketua Umum Badan Pengelola Majid Agung Islamic Center H. Abdul Haris S.Sos, M.Si yang juga menjabat Sekretaris Daerah Rokan Hulu mengarahkan untuk mengalihkan parkir ke jalan menuju kantor Bupati yang ada di Komplek Perkantoran Pemkab Rokan Hulu.

Selain itu, sambung Yusmar, untuk naik ke Menara 99 Meter Islamic Center, setiap pengunjung harus menunggu antrean panjang di tenda yang ada di depan menara yang telah disiapkan panitia.

Pengunjung rela antre sampai ber jam-jam hanya untuk bisa naik ke atas menara 99 meter, menikmati‎ beberapa spot foto, serta melihat pemandangan Pasirpangaraian, dan deretan kawasan Bukit Barisan yang tampak biru di kala hari cerah.

‎Selain Masjid Agung, pesona selanjutnya yang menjadi tujuan wisatawan ke Rokan Hulu adalah Bendungan Sipogas. Di lokasi ini, pengunjung bisa melihat pemandangan alam dan air yang menyejukkan mata.

Destinasi wisata Bendungan Sipogas dikunjungi sekira 17.812 pengunjung selama 5 hari liburan Lebaran. Destinasi ini memanjakan pengunjung dengan pemandangan alam yang mempesona dengan latar belakang Bukit Barisan dan bisa ber-swafoto dengan beberapa spot yang ada.

"Di Bendungan Sipogas disediakan spot selfi pelangi, jembatan, sampan sampai menikmati keliling bendungan dengan speed boat yang harganya terjangkau," jelas Yusmar.

Sedangkan untuk yang ketiga yang ramai dikunjungi selama liburan lebaran yakni wisata minat khusus atau‎ Suligi Hill Aliantan Kecamatan Kabun yang dikunjungi sekira 693 pengunjung.*(Desi Hs)


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Danramil 05/Rupat Bersama Tim Gabungan Kembali Berjibaku Lawan Karlahut di Pulau Rupat
  • Presiden Tinjau Posko Penanganan Karhutla Riau
  • Akpasindo Kunjungi Kelompok Tani Desa Talang Mandau
  • Turki berin300 bea siswa untuk mahasiswa Indonesia.
  • Aset Tersangka kasus Jiwasraya Ditaksir Capai Rp11 Triliun
  • Dewan Pers Berikan UKW Gratis untuk 480 wartawan
  • 29 Februari, PWI akan Gelar Porwada Catur.
  • Kasdim 0303/Bengkalis Hadiri Ijab Qobul Anak Plt Bupati Bengkalis 
  • Bertemu Ketua Dewan Pers, Proses Verifikasi Faktual SMSI Masih Berjalan
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved