Selasa, 25/06/2019
 
Rombongan, Sebuah Tradisi Di Idul Fitri Yang Selalu Dinanti Warga
Jupri : Tradisi Rombongan Harus Dipertahankan Oleh Generasi Penerus

| Riau
Rabu, 05/06/2019 - 11:32:40 WIB
Riaueksis.com

Meranti - Momen mengunjungi setiap rumah atau rombongan pada Idul Fitri sesama warga bagi masyarakat di beberapa Daerah di Propinsi Riau adalah sebuah kegiatan yang sangat dinantikan dan dirindui bagi warga khususnya warga perantauan.

Bagaimana tidak, pada moment tersebut dijadikan ajang untuk bertemu sesama keluarga serta warga sekammpung dan bersilaturrahmi antara keluarga dan warga yang telah lama tidak bertemu.

Seperti di Desa Banglas barat salah satu desa yang masih menjaga tradisi ini, selain rombongan oleh warga ada juga rombongan yang dibentuk oleh jamaah masjid, biasanya rombongan ini mengunjungi rumah warga sambi tahlilan, mengirimkan doa buat keluarga yang telah mendahului.

"Ini moment yang sangat dinanti-nantikan, karena pada idul fitri ini sanak family dan teman sekampung yang merantau pulang jadi bisa bertemu kembali, untuk saling melepas rindu" ungkap Jupri warga Desa Banglas Barat.

Dikatakan Jupri bahwa tradisi ini memang harus dipertahankan jangan sampai pudar dan tergerus oleh modernisasi sehingga tidak mau lagi mengunjungi sesama.

"Sayang kalau tradisi ini sampai hilang oleh pengaruh zaman modern yang membuat generasi penerus sibuk untuk hanya nongkrong di cafe-cafe, main game dan tak mau lagi mengunjungi sesama warga sekampung," ungkap pemuda yang akan mencalonkan diri menjadi Kades di desa Banglas Barat tersebut.

Sementara itu Almunandar, warga yang baru pulang tiga hari sebelum lebaran juga mengatakan bahwa dirinya menanti -nantikan moment kunjungan idul fitri ini.

"Rata-rata orang kampung ini adalah keluarga jadi kunjungan ini merupakan ajang silaturrahmi untuk mempererat keakraban sesama keluarga,"tutup Almunandar sambil melanjutkan kunjungannya. (Ham)


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Patroli Karlahut Babinsa, Larang Masyarakat Membuka Lahan Dengan Cara Membakar
  • Danramil 12/Pwk Sabak Auh Ikuti Apel Hari Pramuka Ke-58
  • Akibat Kemarau Hasil Panen Menurun, Serma Sembiring Semangati Para Petani
  • Danramil 06/SA Hadiri Apel HUT RI Ke-74 Kecamatan Sungai Apit
  • HUT RI Ke 74 Dirohul Berlangsung Hikmat Dan Menampilkan Seni Tradisional
  • Pelaksanaan Apel HUT RI Ke 74, Sertu Gopardin Laksanakan Goro Bersama Masyarakat
  • Jelang Apel Peringatan HUT RI ke 74, Serda Hamdani Mantapkan Paskibra Bungaraya
  • Babinsa Koramil 04/Mandau Mantapkan PBB Paskibra Kec. Mandau
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved