Selasa, 25/06/2019
 
Rohul
Bupati dan Sekda Hadiri Mandai Ulu Taon, Dan Resmikan Balai Adat Pertemuan, Rumah Rarangan Boru Namora Suri Andung Jati

Manda Rokan | Riau
Kamis, 11/04/2019 - 15:35:46 WIB
Rokan Hulu - (Riaueksis.Com) Kegiatan tahunan "Mandai Ulu Taon" (makan bersama sebagai rasa syukur atas hasil panen padi dipenghujung tahun musim tanam), di Bagas Rarangan Huta Haiti Desa Rambah Tengah Barat, Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu Riau,  berlangsung meriah dan dihadiri ratusan masyarakat Mandailing dari sejumlah desa di Kecamatan Rambah. Rabu (10-4-19)

Hadir dalam acara Mandai Ulu Taon Bupati Rohul H Sukiman, Sekda Rohul Abdul Haris, pimpinan adat Napitu Huta Sutan Laut Api Nasution dari Kubu Baru, Sutan Tuah Nasution dari Haiti, Sutan Silindung Nasution dari Tangun, Sutan Kumalo Bulan dari Menaming, Mangaraja Timbalan Lubis dari Pawan, Mangaraja Patimbalan dari Tanjung Berani, dan Mangaraja Alian Nasution dari Sungai Pinang. Kemudian juga dihadiri Camat Rambah, Anggota DPRD Rohul, serta masyarakat mandahiling yang ada di Kaiti Desa Rambah Tengah.

Upaya Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu dan memperkenalkan event adat Tahuna masyarakat Napitu Huta dalam mengangkat dan memperkenalkan sejarah Mandahiling Napitu Huta yang ada di Rokan Hulu, agar di kenal masyarakat luas dan semakin tahun semakin mantap.
 
Bupati Rokan Hulu sudah meresmikan balai adat pertemuan dan Rumah Rarangan Boru Namora Suri Andung Jati (Raja Perempuan yang membawa masyarakat mandahiling ke Rokan Hulu). Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Rokan Hulu H Sukiman, dan ini sebagai bukti keseriusan Pemkab Rohul dalam perbaikan infrastruktur lokasi bersejarah.

Yusmar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Rohul mengatakan Repitalisasi Balai Adat dan Rumah Rarangan Boru Namora Suri Andung Jati ini merupakan kegiatan yang didanai Pemerintah Pusat , dengan anggaran APBN 2018 senilai Rp 385 Juta.

Tak cukup sampai disitu, untuk mengangkat sejarah Mandahiling Napitu Huta dan event adat tahunan masyarakat mandahiling Napitu Huta ini hingga ke Kancah Nasional, Pemkab Rohul juga akan terus mempercantik kawasan Jejak Kaki Boru Namora Suri Andung Jati yang dipercaya masyarakat sebagai jejak terakhirnya sebelum ke khayangan.

Sementara Sekda Rohul, Abdul Haris menyampaikan, upaya untuk mengangkat event adat Mandahiling Mandai Ulu Taon ini, tidak hanya sampai disitu. Tahun 2019 ini Pemkab Rohul disamping akan membukukan sejarah Napitu Huta melalui pengumpulan fakta-fakta sejarah, dan kegiatan seminar, juga akan terus mempermantap kawasan Rumah Rarangan Suri Andung Jati.

” Tahun ini kita sudah rencanakan untuk pembangunan pagar, dan Gapura Khas Mandahiling.” Ungkap Abdul Haris

Uniknya, seluruh yang ikut dalam acara makan bersama ini, baik pejabat maupun masyarakat, memakan hidangan yang sama, yakni nasi kuning panggang ayam, dan nasi putih gulai daging, yang beralaskan daun pisang.

” Tradisi Mandai Ulu Taon ini menunjukkan kekompakan , kebersamaan dan persatuan serta ketidak ada perbedaan antara masyarakat dan pejabat, sekalipun Bupati sebagai pimpinan tertinggi suatu wilayah Kabupaten.” Ungkap Ketua Panitia, Damri.

Di tempat yang sama Martondi Hasibuan Pemuda asli Tempatan mengucapkan Terimakasih banyak kepada pemerintah kabupaten Rohul yang sudah memberikan perhatian kepada acara ini, Baik itu berupa bangunan yang diberikan maupun dukungan, sehingga acara Mandai Ulu Taon ini tetap berlanjut sehingga bisa di kenalkan dan mengangkat sejarah Mandahiling Napitu Huta dalam event adat tahunan masyarakat mandahiling Napitu Huta hingga ke Kancah Nasional.*(Desi Hs)


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Dua Anggota Koramil 07/Bukit Batu Beri Pembekalan Kepada Siswa Baru SMK pelayaran
  • Cegah Demam Berdarah, Sertu Gopardin Bersama Tim Puskesmas Lakukan Fogging
  • Koramil 04/Mandau Laksanakan Pendampingan KB Kesehatan
  • Sertu Pardosi Latih PBB dan Beri Pembekalan Wasbang Kepada Siswa Baru SMK YPPI Tualang
  • TPF Ungkap Motif Teror Terhadap Novel Baswedan
  • Harry Maguire Hampir Sampai Di Hitam Putih Manchester United
  • DPRD Gelar Rapat Paripurna HUT ke-235 Kota Pekanbaru
  • Polisi Tangkap Pelaku Karhutla Di Riau
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved