Selasa, 25/06/2019
 
Rokan Hulu
Warga Desa Cipang Kanan Rohul Curhat ke Anggota DPRD Riau Terkait Listrik Tak Kunjung Menyala Dan Ruas Jalan Yang Rusak

Manda Rokan | Riau
Kamis, 11/04/2019 - 15:11:21 WIB
Rokan Hulu - (Riaueksis.Com) Listrik masuk desa masih menjadi mimpi indah bagi warga desa Cipang Kanan Kecamatan Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu. Masyarakat berharap pemerintah, PT PLN berbaik hati menerangi desanya seperti desa - desa yang lain yang sudah lama menikmati listrik.

β€œ Terus terang kami merasa ditinggalkan oleh kemajuan zaman, listrik saja desa kami sampai hari ini tak juga masuk desa ini” keluh Abadi Kades Cipang Kanan kepada anggota DPRD Riau Bagus Santoso saat singgah di desanya dalam rangkaian lawatan kerja program tembus 105 keliling kampung se Riau.

Dijelaskan Abadi sebenarnya Jaringan listrik ke desanya sudah ada sejak tahun 2016, hanya saja belum diketahui kendala pasti yang membuat PLN tak kunjung memfungsikannya.

Kabarnya dulu Sumber api PLN akan di sambungkan dari PLN Sumbar, secara kelembagaan pemerintah desa sudah menyampaikan kepada PLN, tolong semua pihak ikut menyampaikan agar desa kami seperti desa lain listriknya hidup," ujar Abadi.

Desa Cipang Kanan yang berbatasan dengan Provinsi Sumbar tepatnya dengan Kabupaten Pasaman (RAO) tidak hanya tertinggal dari program elektrifikasi pemerintah tetapi juga sangat tertinggal dari pembangunan infrastruktur terutama jalan.

Untuk mencapai Desa Cipang Kanan harus menempuh jalan tebing dan bukit masih berupa jalan tanah.

Sebenarnya jalan poros menuju Desa Cipang Kanan adalah jalan lintas tengah Rohul - Sumbar status jalan Nasional. Karena badan jalan hancur praktis hanya bisa ditempuh dengan sepeda motor.

Sementara jalan poros desa juga tidak kalah hancur. Dibutuhkan waktu 4 jam untuk mencapai desa Cipang Kanan start dari desa Koto Ruang.

Terkait persoalan listrik Bagus Santoso turut prihatin dengan ketertinggalan program elektrifikasi pemerintah, sudah seharusnya listrik tuntas desa.

Untuk itu kepada pihak terkait terutama PLN untun dapat secepatnya memfungsikan jaringan listrik yang sudah mangkrak hampir 4 tahu 

"Pemerintah mesti hadir untuk pelayanan rakyatnya, apalagi program listrik desa ini sudah menjadi komitmen pemerintah pusat menuntaskannya, jangan sampai ada desa yang belum teraliri listrik,” kata Bagus Santoso
Hal yang sama terhadap kondisi jalan poros lintas tengah Rohul - Sumbar karena statusnya jalan Nasional maka kewajiban APBN RI menganggarkan untuk Riau.

"Kekayaan Riau ini banyak diambil pemerintah Pusat Jakarta, tapi anggran untuk Riau tak sebanding , buktinya jalan tak juga dibangun β€œ kata Bagus Santoso

Pantauan lapangan jalan lintas Rohul- Sumbar dengan kontur tanah tebing dan bukit terjal rusak parah.

Ada beberapa ruas di tanjakan dan jembatan sekitar 100 meter sudah dibeton tapi tidak terurus sehingga banyak yang longsor.

Sementara jalan poros desa masih jalan tanah yang hancur maka banyak pemandangan mobil ditinggalkna ditengah jalan akibat terpuruk.*(Desi Hs)



comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Dua Anggota Koramil 07/Bukit Batu Beri Pembekalan Kepada Siswa Baru SMK pelayaran
  • Cegah Demam Berdarah, Sertu Gopardin Bersama Tim Puskesmas Lakukan Fogging
  • Koramil 04/Mandau Laksanakan Pendampingan KB Kesehatan
  • Sertu Pardosi Latih PBB dan Beri Pembekalan Wasbang Kepada Siswa Baru SMK YPPI Tualang
  • TPF Ungkap Motif Teror Terhadap Novel Baswedan
  • Harry Maguire Hampir Sampai Di Hitam Putih Manchester United
  • DPRD Gelar Rapat Paripurna HUT ke-235 Kota Pekanbaru
  • Polisi Tangkap Pelaku Karhutla Di Riau
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved