Rabu, 24 April 2019
 

Galery Pawai Ta’ruf dan MTQ XIX Tingkat Kabupaten Rokan Hulu Resmi Di Buka Bupati Rohul H Sukiman


Sekda Rohul, Dewan Hakim dan Majlis Hakim MTQ Rohul Ke XIX yang dilantik Senin Siang di MAIC Rohul


Galery Pawai Ta’ruf dan MTQ XIX Tingkat Kabupaten Rokan Hulu Resmi Di Buka Bupati Rohul H Sukiman

Selasa, 09/04/2019 | 22:27
Rokan Hulu,RiauEksis.Com - Rokan Hulu - Bupati Rokan Hulu H Sukiman, melepas Pawai Taaruf Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) XIX tingkat Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Kegiatan ini dipusatkan di Jalan Tuanku Tambusai, Desa Pematang Berangan.  Senin (8-4-19) Sore.

Hadiri Ketua DPRD Rohul Kelmi Amri SH, Kakanwil Kemenag Riau, Sekda Kabupaten Rokan Hulu Abdul Haris, Kakan Kemenag Rohul , Ketua TP PKK Rohul Hj.Peni Herawati, Ketua Dharmawanita Rokan Hulu Neti Herawati, Ketua BKMT Rohul, dan Kepala Dinas, Badan dan Kantor dilingkungan Pemkab Rohul.

Bupati Rohul H Sukiman dalam amanatnya menyampaikan, terimakasih banyak kepada semua pihak yang terlibat dalam menyukseskan terselenggaranya MTQ XIX tahun 2019. Ia juga berharap MTQ XIX ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

“Saya berterimakasih ke pihak Kepolisian dan pihak terkait lainnya atas dukungannya dalam menyukseskan MTQ XIX tahun 2019. Mari kita jaga ketertiban supaya dari awal sampai akhir berjalan lancar dan mendapat keselamatan,” harap Sukiman.

Bupati Sukiman juga berikan atensi ke warga Rohul, karena antusias mengikuti pelaksanaan pawai taaruf dalam rangka memeriahkan MTQ XIX. Hal ini merupakan bentuk perhatian Pemkab Rohul, apalagi Rohul yang berjuluk Negeri Seribu Suluk.

"Kegiatan ini merupakan untuk membesarkan tradisi ke-Islaman, membesarkan kegiatan keagamaan di Negeri Seribu Suluk. Apalagi pawai ini menyatukan masyarakat yang beragam suku, ras dan bahasa," kata Sukiman usai melepas peserta Pawai Taaruf.

Usai menyampaikan kata sambutan, H Sukiman, melepas Pawai Taaruf MTQ tingkat Kabupaten Rohul XIX. Di barisan depan dipimpin Marching Band Gita Praja, yang dimotori anak-anak Satpol-PP Rohul. Kemudian, di barisan nomor urut satu berdiri kafilah asal Kecamatan Rambah Hilir, yang diikuti belasan kafila lainnya dari 16 kecamatan.

Meski cuaca terik matahari sedikit menyengat, ternyata tidak menyurutkan niat para peserta pawai untuk keluar dari barisan. Dan aksi iring-iringan Pawai Taaruf ini disambut antusias ribuan masyarakat.

Berbagai minatur masjid dan beragam lambang kebesaran Islam, ditampilkan oleh kafilah perwakilan 16 kecamatan se-Rohul. Termasuk iring iringan berbagai pernak pernak dibawa oleh rombongan kafilah yang berjalan kaki, hingga menuju finish di depan Masjid Agung Islamic Centre Rohul.

Pada pagi harinya juga sudah dilaksanakan pelantikan dewan hakim, yang nantinya menjadi hakim pelaksanaan MTQ Rohul, yang akan dipusatkan di Lapangan Rantau Baih, Desa Pematang Barangan, Kecamatan Rambah. 

Kemudian Senin malam, sekitar pukul 20.30 WIB , di Astaka purna MTQ Riau 2013, digelar pula acar pembukaan MTQ Tingkat Kabupaten Rokan Hulu ke XIX , oleh Bupati Rokan Hulu, Sukiman.

Dalam kesempatan itu, disamping pejabat dilingkungan pemkab Rohul, hadir juga Gubernur Riau yang diwakili Kepala Bidang Biro Kesra Kantor Gubernur Provinsi Riau Masrul Asmi, Kakanwil Kemenag Riau yang diwakili Kabid Penazawa, Ketua LPTQ Provinsi Riau, Bawaslu Riau, Kakan Kemenag Rohul, Kapolres Rokan Hulu, Kajari Pasir Pengaraian, dan Kepala Lapas Pasir Pengaraian.

Acara pembukaan MTQ ke XIX Tahun 2019 ini diawali dengan Depile 16 Khafilah MTQ Se-Rohul, dilanjutkan penampilan Tari Tepak Sirih oleh 50 penari Binaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Rokan Hulu, pembaca Al-Qur’an oleh 5 orang penghafal Al-Qur’an, dan Do’a.

Dari laporan Ketua Umum Panitia MTQ ke XIX Tahun 2019, Asisten II, Ruslan menyampaikan, MTQ ke XIX mengangkat tema ” Membangun Insan Qur’ani Menuju Syi’ar Islam” dengan tujuan untuk menimbulkan rasa cinta Al-Qur’an dan mengamalkannya. Kemudian untuk mengundang rahmat Allah, serta untuk mendapatkan Qori / Qori’ah, Khotto/ Khottotoh, dan group fahmil Qur’an untuk utusan Rohul pada MTQ Riau Tahun.

Bupati Rohul H Sukiman berharap melalui pelaksanaan MTQ ke XIX Tingkat Kabupaten Rokan Hulu ini dijadikan ajang untuk cinta Al-Qur’an serta pengamalannya, dan Syi’ar Islam. *Irwanto (Galeri Humas Pemkab Rohul)

Bupati Rohul beserta undangan menekan tombol serinai pertanda MTQ ke XIX Tahun 2019 dibuka.

Tari Tepak Sirih oleh 50 Penari Binaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Rokan Hulu

Pengibaran Bendera LPTQ oleh paskibraka , yang diiringi lagu Mars MTQ.

     

Sekda Rohul, Dewan Hakim dan Majlis Hakim MTQ Rohul Ke XIX yang dilantik Senin Siang di MAIC Rohul

Penyerahan Piala Bergilir dari Camat Rambah , Fathanalia Putra S.Sos Kepada Bupati Rohul untuk diperebutkan kembali

Pelepasan Pawai Taaruf Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) XIX tingkat Kabupaten Rokan Hulu Oleh bupati H Sukiman

 
 
Copyright © 2014-2016
PT. Surya Cahaya Indonesia,
All Rights Reserved